Sunday 23 December 2012

Cara Meringkas ENTRI atau Mempersingkat isi postingan dengan menambahkan script Read More di Halaman Blog anda


Cara meringkas entri  atau mempersingkat isi posting pada halaman blog agar  tampak lebih simple, bisa memuat lebih banyak  postingan yang lainnya dan tentunya adalah sesuatu hal yang praktis, karena script yang akan kita buat nanti sebut aja (Read More) akan berfungsi secara otomatis... mempersingkat setiap postingan anda. Hemmm… gimana? menarik..  bukan?  Ok kita langsung aja ke TKP hehehhe….  Caranya cukup gampang, yaitu dengan menambahkan beberapa script seperti (Read More) yang nantinya bisa di ubah sesuai keinginan anda contohnya seperti (Detail) ataupun (Selanjutnya). Sebelum anda memulai membuat Read More pada blog/blogspot, maka  yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :


Silahkan Login dan masuk di akun blogger anda
lalu klik Rancangan dan klik Edit HTML
Centang Expand Template Widget , kemudian sebagai  langkah antisipasi sebelum melakukan pengeditan, backup dengan mengcopy  script HTML anda lalu simpan menggunakan text document ,agar tidak lupa, beri  saja nama Template HTML  BLOG DEFAULT dan simpanlah di folder anda.
Untuk mempermudah pencarian kode HTML nya anda tekan aja ( CTRL + F )
Cari kode
dan kalau sudah ketemu
Lalu silahkan Tambahkan kode dibawah ini tepatnya diatas kode  


<script type='text/javascript'> var thumbnail_mode = "no-float" ; summary_noimg = 550; summary_img = 450; img_thumb_height = 250; img_thumb_width = 200; </script> <script src='http://rizqi.moehamed.googlepages.com/read-moreotomatis.js' type='text/javascript'/>


Bila anda ingin merubah ukuran Read More Pada Blog/Blogspot, caranya pun cukup mudah, yaitu  dengan mengubah  di bagian-bagian kode di bawah ini, dan Ubah angka nya sesuai kebutuhan :

keterangan:
-summary_noimg = 550; adalah banyaknya karakter yang akan ditampilkan ketika tidak ada gambar di dalam posting anda, anda bisa mengubah jumlahnya.
-summary_img = 450; adalah banyaknya karakter yang akan ditampilkan ketika terdapat gambar di dalam posting anda, anda bisa mengubah jumlahnya.
-img_thumb_height = 250; adalah tinggi gambar thumbnail, anda dapat mengubah nilainya.
-img_thumb_width = 200; adalah lebar gambar thumbnail, anda dapat mengubah nilainya.

  langkah Selanjutnya COPY  dan PASTE script dibawah ini :

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>createSummaryAndThumb(&quot;summary<data:post.id/>&quot;);
</script>
<span class='rmlink' style='float:right;padding-top:20px;'>
<a expr:href='data:post.url'>&#187;&#187;&#160;&#160;Read More...</a></span>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><data:post.body/></b:if>



tepat di  Tag    bagian kedua yang berlatar belakang  kuning  dan bukan di Tag      bagian pertama berlatar belakang  Orange. 
Keterangan :
-padding-top:5px, ganti nilainya untuk membuat jarak dengan tulisan di atas readmore.
-float:right, ganti right dengan left jika ingin readmore muncul di sebelah kiri.
Catatan :  Jika terdapat Tag    lebih dari 2, maka pastikan anda memilih di Tag  bagian yang kedua. Tag      bagian pertama berlatar belakang  Orange  dan Tag    bagian kedua dan lainya biasanya berlatar belakang  Kuning  , nah di Tag    bagian kedua yang berlatar belakang  kuninglah itulah  anda Paste Repleace     script di atas tersebut.
Untuk melihat perubahan sementara ataupun preview, Click aja button Pratinjau, dan jika sudah yakin akan perubahan tersebut, maka langsung Click button Simpan Template. Okey good luck deh…..

No comments :

Post a Comment

Leave your message here ...